Text
Planning and Scheduling for Maritime Container Yards; Supporting and Facilitating the Global Supply Network
Buku ini berisi enam bab yang dapat digunakan secara mandiri sebagai bahan ajar kasus dalam kelas sarjana atau kelas spesialis tentang teknik OR yang diterapkan pada operasi peti kemas maritim atau operasi pelabuhan. Instruktur dan siswa dapat menantikan presentasi yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi rantai pasokan maritim dan penyedia layanan logistik pelabuhan peti kemas di Asia serta tanggapan inovatif mereka terhadap tantangan ini melalui kasus-kasus nyata yang disajikan dalam buku ini. Bab 1 menyajikan pandangan yang jujur pada lanskap logistik perdagangan maritim dan rantai pasokan dengan memeriksa tren globalisasi dan pengembangan pelabuhan di Asia, serta dampaknya terhadap kegiatan bisnis pelabuhan peti kemas dan lingkungan. Bab 2 mengeksplorasi penyediaan layanan lapangan peti kemas dan dermaga secara rinci. Bab ini membahas bagaimana pelabuhan terkemuka mengelola pelabuhan secara efisien melalui optimalisasi gabungan dari quay crane, yard crane, dan prime mover, yang masing-masing didukung oleh tinjauan literatur yang ekstensif. Bab 3 menyoroti bagaimana operasi terminal peti kemas terhambat oleh derek lapangan. Oleh karena itu, bab ini mengembangkan model waktu diskrit dan algoritme terkait untuk penjadwalan derek lapangan yang cepat, berdasarkan kendala operasional yang realistis seperti gangguan antar derek, jarak pemisah yang ditetapkan, dan penyimpanan/pengambilan secara simultan di lapangan. Bab 4 kemudian mempelajari model waktu kontinu untuk penjadwalan beberapa yard crane dengan batasan praktis tambahan. Bab ini secara khusus membahas dampak dari penyisipan pekerjaan kontainer di menit-menit terakhir dan menunjukkan bagaimana masalah container yard dapat diselesaikan dengan cepat dan kuat dalam waktu polinomial. Aplikasi ini sangat berguna untuk operasi transshipment di mana terdapat banyak kesempatan perpindahan pelabuhan tujuan di menit-menit terakhir. Bab 5 membahas peran heuristik dalam penjadwalan derek lapangan. Kami melihat secara khusus pada dua konsep yang mendasari pengembangan heuristik dalam kasus penjadwalan beberapa yard crane, yaitu pendekatan concurrent dan divide and conquer. Kami kemudian memberikan hibrida dari dua pendekatan tersebut untuk menghasilkan heuristik pengelompokan-penugasan yang merupakan kandidat yang lebih baik untuk penjadwalan waktu nyata. Sekali lagi, heuristik ini memiliki nilai industri praktis karena pelabuhan peti kemas berusaha mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat rencana pemuatan dalam upaya mereka untuk menjadi kompetitif dibandingkan dengan pelabuhan lain di dekatnya. Bab 6 membahas kembali pendekatan yang sering digunakan dalam penjadwalan peti kemas oleh operator pelabuhan, yaitu simulasi. Secara khusus, kami menerapkan simulasi waktu diskrit untuk memvalidasi dan menilai heuristik hibrida yang diusulkan di Bab 5. Selanjutnya, kami menerapkan model simulasi pada terminal peti kemas transshipment besar di Asia dan menyelidiki kinerja heuristik dalam berbagai kondisi seperti kebijakan rute yang berbeda, rasio peralatan, dan sebagainya. Kami percaya bahwa Anda akan menikmati membaca buku ini dan menggunakan teknik-teknik yang ada di dalamnya seperti halnya kami menikmati menuliskannya untuk Anda. Penulis pertama mengucapkan terima kasih kepada anggota keluarganya (ayah Li Kehua, ibu Chen Xianfeng, saudara perempuan Li Xiaoyan, istri Duan Xiaohong, anak perempuan Li Xiaoxue, dan anak laki-laki Li Houzhe) atas kesabaran dan ketekunan mereka selama berbulan-bulan dalam proses penulisan. Tanpa dukungan dan dorongan dari mereka, monografi ini tidak akan mungkin terwujud.
No copy data
No other version available