Text
Policy Borrowing and Reform in Education; Globalized Processes and Local Contexts
Buku ini membahas persinggungan antara globalisasi, peminjaman kebijakan, dan reformasi pendidikan. Dengan menggunakan sintesis dari berbagai literatur yang diambil dari pendidikan dan disiplin ilmu lainnya, saya berfokus pada proses reformasi pendidikan di dunia yang mengglobal. Dengan menekankan perspektif kritis yang menyoroti dominasi geopolitik negara-negara 'maju' di kawasan Utara, buku ini menawarkan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana globalisasi dan perkembangan yang berkaitan dengannya, termasuk kemunculan organisasi-organisasi tata kelola global, berdampak pada reformasi pendidikan di seluruh dunia. Sepanjang buku ini, saya menekankan pada bagaimana yurisdiksi lokal menggunakan kewenangannya dan melakukan intervensi untuk memediasi kekuatan globalisasi, sehingga memperumit narasi 'konvergensi' normatif - gagasan yang umum dipegang bahwa globalisasi mendorong keseragaman di seluruh dunia dengan menerapkan kebijakan dan praktik-praktik yang 'terbaik' - yang merasuk ke dalam sebagian besar diskusi tentang globalisasi. Beberapa premis melekat dalam konseptualisasi buku ini. Pertama, globalisasi dan perkembangan-perkembangan penting yang terkait berdampak pada reformasi pendidikan dalam konteks lokal. Kedua, setiap orang yang terlibat dalam pendidikan, mulai dari praktisi, akademisi, hingga pembuat kebijakan, harus mengetahui dampak globalisasi terhadap pendidikan dan reformasi pendidikan dalam konteks lokal. Ketiga, terlepas dari dampak globalisasi terhadap pendidikan, para aktor lokal memiliki kemampuan untuk melawan dan memediasi tren global. Keempat, perkembangan sejarah telah mengarah pada konteks saat ini di mana pengaruh geopolitik Global Utara (atau dunia 'maju') sangat dominan. Terakhir, proses reformasi pendidikan saat ini tidak dapat dipahami sepenuhnya tanpa terlebih dahulu memiliki pemahaman yang kuat tentang proses globalisasi, berbagai pendekatan untuk mempelajari globalisasi, dan perkembangan-perkembangan penting yang terkait dengan globalisasi. Dengan asumsi-asumsi yang mendasari ini, tujuan utama buku ini adalah untuk memberikan pembahasan yang komprehensif tentang proses reformasi pendidikan di dunia yang mengglobal, yang dibangun di atas pemahaman mendasar tentang globalisasi, perkembangan yang terkait, dan teori-teori globalisasi. Buku ini memungkinkan pembaca untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa itu 'globalisasi', dan bagaimana ia dikonseptualisasikan? Apa saja perdebatan mendasar yang melingkupi globalisasi, dan apa saja keuntungan, kerugian, dan dilemanya? Apa saja tren dan perkembangan utama yang terkait dengan globalisasi, dan apa peran organisasi tata kelola global secara khusus? Apa yang menyebabkan pengaruh dominan dari negara atau wilayah tertentu dalam dunia yang mengglobal? Bagaimana pendekatan yang berbeda terhadap globalisasi (teori dan konstruk) berdampak pada cara globalisasi dipahami dan dianalisis? Secara lebih spesifik, apa hubungan antara globalisasi dan pendidikan, dan tren apa yang telah terjadi di dunia pendidikan akibat globalisasi? Apa saja parameter dari proses kebijakan pendidikan, dan apa saja tantangan dalam mengimplementasikan kebijakan publik? Apa perbedaan antara pinjam meminjam pendidikan, dan apa saja politik yang terlibat dalam proses ini? Sejauh mana konvergensi kebijakan terjadi, dan sejauh mana negara dan konstituen lokal dapat menggunakan haknya untuk melawan tren global? Pola-pola apa yang terlihat jelas dalam penelitian mengenai proses reformasi pendidikan dalam berbagai konteks? Pelajaran apa yang dapat dipetik dari mempelajari globalisasi, peminjaman kebijakan, dan reformasi pendidikan? Bab-bab dalam buku ini menyajikan sintesis dari serangkaian literatur yang tersebar dari bidang pendidikan dan disiplin ilmu lainnya untuk memberikan landasan dan konteks yang komprehensif yang berfungsi untuk membingkai sintesis kesarjanaan saat ini mengenai proses reformasi pendidikan yang mengikuti bagian akhir dari buku ini. Buku ini mengacu pada berbagai sumber, termasuk perspektif dari Dunia Selatan dan Dunia Timur, yang sedapat mungkin tidak terlalu menonjol dibandingkan dengan perspektif dari Barat dalam literatur globalisasi dan pendidikan yang ada. Yang penting, meskipun fokus buku ini adalah untuk mensintesis dan memahami perkembangan dan tren yang luas, hal ini tidak berarti bahwa reformasi pendidikan merupakan upaya 'satu ukuran untuk semua'. Sebaliknya, analisis dan diskusi yang saya sajikan dalam buku ini menekankan bagaimana bentuk-bentuk globalisasi yang dominan (atau globalisasi dari atas) diinterupsi dan dibingkai ulang dalam konteks lokal melalui globalisasi vernakular (atau globalisasi dari bawah). Dalam konteks diskusi lebih lanjut tentang topik ini, perlu ditentukan lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan peminjaman kebijakan, jenis reformasi pendidikan yang dibahas, dan dampaknya terhadap sistem pendidikan. Peminjaman kebijakan pendidikan dapat menjadi sumber inspirasi untuk reformasi, tetapi juga dapat melibatkan risiko karena setiap konteks pendidikan dapat berbeda.
No copy data
No other version available