Text
Principles of Systems Science
(1). Berfungsi sebagai buku teks untuk mengajarkan dasar-dasar sistem dalam disiplin apa pun atau untuk digunakan dalam kursus pengantar dalam program gelar ilmu sistem. (2). Membahas berbagai audiens dengan berbagai tingkat kecanggihan matematika. (3). Termasuk pertanyaan terbuka dalam kotak khusus yang dimaksudkan untuk merangsang pemikiran terintegrasi dan diskusi kelas. (4). Menjelaskan banyak contoh sistem dalam sains dan masyarakat A. Mengapa Pendidikan dalam Ilmu Sistem?. Penjelasan singkat bagi mereka yang akan menyamakan istilah "ilmu sistem" secara ketat dengan komputer dan sistem komunikasi; sedangkan itu adalah contoh sistem buatan manusia (lihat Bab. 14), ilmu sistem bukan hanya tentang teknologi. Memang yang terakhir hanyalah sebagian kecil dari ilmu sistem (dan teknik). Dalam jargon saat ini, kata "sistem" telah banyak dikaitkan dengan teknologi komputasi. Ini adalah konsekuensi lain dari kecenderungan sistem pendidikan kita untuk bekerja melawan pemahaman integratif dalam preferensi untuk spesialisasi . Kedua penulis telah mengajarkan mata kuliah yang secara eksplisit tentang ilmu sistem atau secara diam-diam membawa ilmu sistem ke dalam kurikulum. Dalam setiap kasus, tanggapan umum siswa selalu menunjukkan keterkejutan mengetahui bahwa dunia dapat dipahami sebagai sistem sistem dan bahwa mereka belum pernah terpapar perspektif ini dalam pendidikan mereka sebelumnya. Selain itu, mereka mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam karena telah ditunjukkan bagaimana dunia dapat ditafsirkan dengan cara yang lebih holistik dan dunia yang dapat mereka pahami dengan mudah. Mengapa mereka bereaksi seperti ini? Sistem pendidikan Amerika modern dan banyak negara lain, menurut pendapat kami, telah beralih ke mempromosikan dan melayani pemikiran berbasis silo. Maksud kami, subjek dan jurusan khusus domain adalah hal yang biasa. Kecenderungan ini juga semakin menekan mata kuliah studi liberal tradisional yang dianggap penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan yang luas dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis di luar konteks satu domain saja. Sampai saat ini, ilmu sistem, dalam bentuk yang kami sajikan dalam buku ini, belum menjadi disiplin ilmu semata. Bagian-bagian dari ilmu sistem telah diupayakan untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi seluruh subjek yang terintegrasi tidak memiliki seluruh tubuh pengetahuan yang terintegrasi yang dapat dieksplorasi dan ditingkatkan dengan caranya sendiri. Kebutuhan pasar telah mendominasi metode dan pendekatan pendidikan sedemikian rupa sehingga orang yang berpendidikan, saat ini, diharapkan mendapatkan pekerjaan di industri atau pemerintahan, di mana keterampilan yang mereka peroleh di sekolah dapat segera dimanfaatkan secara produktif. Dan hingga baru-baru ini, persepsi masyarakat adalah bahwa keterampilan tersebut bersifat khusus domain. Tetapi sesuatu yang menarik telah berkembang di dunia perdagangan, pemerintahan, dan, memang, semua bidang. Orang-orang mulai menyadari bahwa jenis masalah yang ingin kita pecahkan tidak lagi melibatkan domain pengetahuan dan keterampilan tunggal. Sebaliknya, setiap bidang mengalami kebutuhan untuk melibatkan bidang lain dan melakukan pekerjaan integratif (yang disebut lintas disiplin). Hal ini menimbulkan masalah baru bagi para ilmuwan, insinyur, pebisnis, dan lainnya. Pada dasarnya, apa bahasa umum yang dapat kita gunakan untuk semua yang memungkinkan kita mengintegrasikan domain kita yang berbeda? Dan mereka semakin yakin bahwa pendekatan sistem menyediakan bahasa yang sama. Ini adalah semacam batu Rosetta untuk pekerjaan sistemik. Saat kami melihat dunia mengembangkan kebutuhan yang jauh lebih kuat untuk ilmu sistem dan pengembangan sistem, kami mengantisipasi kebutuhan akan pendidikan yang lebih eksplisit dalam ilmu sistem dalam waktu dekat. Siswa yang memahami sistem (istilah itu diperkenalkan di Bab. 1 dan lebih teliti menantang Bab ini. 3) lebih mampu memahami sistem yang kompleks dan bagaimana berbagai bahasa disiplin dapat diperbaiki dalam pandangan umum tentang sistem tersebut. Kami menegaskan bahwa pendidikan dasar dalam ilmu sistem akan lebih mempersiapkan setiap siswa untuk jurusan apa pun di mana mereka diharapkan untuk menangani dan memecahkan masalah yang kompleks. Bahkan jika itu hanya urutan dua kursus berdasarkan buku ini, mereka akan muncul dengan pemahaman yang jauh lebih besar tentang apa artinya memahami dan bagaimana memperoleh pemahaman itu dalam bidang apa pun yang mereka putuskan untuk mengkhususkan diri. B. Mengapa Buku Teks tentang Ilmu Sistem?. Rasanya aneh untuk mengatakan bahwa belum ada buku teks pengantar dalam ilmu sistem 3 jika mata pelajaran ini "meta" untuk semua ilmu lainnya. Tapi sepertinya itulah situasinya. Ada buku-buku umum tentang ilmu sistem atau pemikiran sistem , tetapi buku-buku tersebut tidak berusaha menguraikan subtopik secara sistematis dan kemudian memberikan perspektif terpadu dari keseluruhan subjek. Mereka sangat baik untuk memotivasi siswa dalam gagasan berpikir sistem tetapi tidak mengekspos tubuh mata pelajaran sistem dengan mempertimbangkan pedagogi. Kami pikir subjek ilmu sistem akan mulai menempati posisi terdepan dalam pendidikan karena pemahaman tentang sistem adalah kerangka mental yang kuat untuk memikirkan segala sesuatu di dunia secara harfiah. Ada disangkal oleh hampir semua siswa bahwa tidak ada buku teks yang pernah ditulis dengan baik. Buku perdagangan dan buku cerita, di sisi lain, ditulis agar rata-rata pembaca dapat memahami apa yang dikatakan penulisnya. Buku teks terburuk ada di bidang teknis dan sains di mana tulisannya kering dan, yah, teknis. Mereka sulit dibaca. Jadi mengapa menulis buku teks tentang ilmu sistem yang akan sulit dipahami oleh siswa? Nah, jawaban kami adalah kami belum menulis buku teks yang sulit dipahami karena kami sedang bercerita-sebuah cerita yang sangat besar. Ini adalah buku teks pengantar dalam mata pelajaran yang bersifat universal untuk banyak mata pelajaran lain di mana pembaca dapat memutuskan untuk mengambil jurusan. Kami mengklaim pembaca akan dapat memahaminya, tetapi itu tidak berarti mereka tidak perlu berusaha keras untuk memahaminya. Buku ini mencakup beragam mata pelajaran dengan banyak contoh dari berbagai disiplin ilmu. Kami menyadari bahwa tidak semua siswa akan mengikuti kursus dalam beberapa mata pelajaran ini. Tapi kami juga tidak berpikir kursus dalam mata pelajaran ini sebenarnya merupakan prasyarat untuk memahami ide-ide utama dalam buku ini. Dalam semua kasus di mana kami telah menggunakan contoh eksplisit, katakanlah dari biologi , kami juga telah menyediakan tautan referensi ke artikel di Wikipedia 4 yang menurut kami berfungsi dengan baik untuk menjelaskan detailnya. Kami mendorong pembaca untuk menggunakan tautan ini dan mengenal subjek secara sepintas atau, setidaknya, memahami istilah-istilah yang mungkin asing bagi pembaca dengan baik.
No copy data
No other version available