Text
Private World(s); Gender and Informal Learning of Adults
Mengungkap dunia pembelajaran informal, buku ini menggunakan lensa gender untuk menganalisis pengalaman-pengalaman penting yang biasanya tidak banyak diketahui oleh laki-laki dan perempuan, sehingga membuka petunjuk-petunjuk yang menginspirasi untuk penelitian yang peka terhadap gender di bidang pendidikan orang dewasa. ;;; Cara memahami pembelajaran ini merupakan bagian dari paradigma humanistik yang lebih luas terkait dengan asumsi filosofis dan teoritis dari teori konstruksi sosial realitas oleh Berger dan Luckmann (1966), antara lain. Seorang pembelajar adalah orang yang aktif dan proaktif, holistik dan disengaja, yang tidak hanya beradaptasi dengan kondisi atau situasi, tetapi secara bersamaan menciptakan dan mengubah dunia sosial di mana dia berada (Bron, 2006). Selain secara proaktif mempengaruhi sikap pembelajar, konteks pembelajaran sosial budaya juga ditekankan. Dengan cara ini, kita dapat mengamati perluasan ruang pembelajaran dari dimensi ruang kelas, buku atau guru ke sistem 'manusia-dunia' (Malewski, 1998). Pengetahuan tidak diperlakukan sebagai produk 'esoteris' dari spesialis terdidik terbaik yang ada di dunia yang terpisah dari kehidupan sehari-hari. Ini didefinisikan dalam konteks yang lebih luas, seperti dalam pendidikan kritis. Ini melambangkan pengalaman hidup sehari-hari dan terdiri dari banyak versi berbeda dari dunia sosial (Malewski, 2010). Pengalaman seperti itu dapat terjadi dalam konteks yang terorganisir, seperti sekolah dan universitas, yang memiliki kurikulum terencana, waktu mengajar yang ditentukan, kegiatan yang diawasi oleh tutor, dan kemungkinan menawarkan sertifikasi atau diploma kepada individu tersebut. Ini biasanya disebut pendidikan formal dan sesuai dengan sistem pendidikan yang dilembagakan (Colleta, 1996). Sebaliknya, mengikuti usulan Coombs dan Ahmed (1974), pendidikan nonformal didefinisikan sebagai kegiatan pendidikan yang terorganisir, sistematis, yang dilakukan "di luar kerangka sistem formal untuk menyediakan jenis pembelajaran yang dipilih "(Coombs & Ahmed, 1974, hal. 8) kepada anak-anak, remaja dan orang dewasa.
No copy data
No other version available