Text
Proof Patterns
Pendekatan penulis dalam mengajar matematika murni melalui lensa "Pola Pembuktian" mencerminkan konsep pola desain dalam pemrograman. Dengan mengidentifikasi pola-pola umum dalam pembuktian matematika dan menyajikannya dengan contoh-contoh dari berbagai bidang matematika, buku ini bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran dan pemecahan masalah dalam matematika murni. Penekanan pada contoh konkrit dibandingkan konsep abstrak sejalan dengan keyakinan bahwa memahami pola dan konsep melalui objek konkrit lebih efektif untuk pembelajaran. Meskipun abstraksi diakui sebagai alat yang ampuh dalam matematika murni, buku ini sengaja menghindari definisi formal, dan berfokus pada pemahaman dan penerapan konkrit. Audiens sasaran diasumsikan memiliki pengetahuan dasar tentang bukti, namun mungkin memerlukan panduan dalam mengenali dan memanfaatkan pola bukti secara efektif. Buku ini berfungsi sebagai teks pembuktian kedua, yang bertujuan untuk memudahkan transisi pembaca ke bidang matematika murni yang lebih maju. Gaya presentasinya menghindari pendekatan tradisional dalam menyajikan teorema besar tanpa konteks, melainkan berfokus pada membangun hasil dari prinsip-prinsip dasar. Meskipun contoh diambil dari kombinatorik dan teori bilangan dasar, berbagai bidang matematika dibahas untuk menekankan universalitas pola pembuktian. Penulis mengakui kurangnya orisinalitas dalam hasil matematika yang disajikan namun berupaya memberikan perspektif segar pada presentasinya. Penamaan pola yang sebelumnya tidak disebutkan namanya merupakan upaya untuk berkontribusi pada wacana matematika, meskipun ada potensi ketidaksepakatan dengan nama-nama baru ini. Glosarium disertakan untuk pembaca yang mungkin memerlukan penyegaran tentang terminologi matematika, beserta klarifikasi mengenai penyertaan nol sebagai bilangan asli. Secara keseluruhan, buku ini mencerminkan filosofi pendidikan matematika penulis, yang dipengaruhi oleh pengalaman mereka dengan guru, siswa, dan rekan kerja. Pengakuan umpan balik dari rekan-rekan dan wasit menggarisbawahi sifat kolaboratif penyelidikan matematika dan pedagogi.
No copy data
No other version available