Text
Psychoeducational Assessment and Report Writing
Ikhtisar Buku: Panduan Asesmen Psikoedukasi dan Penulisan Laporan; Buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa pascasarjana di sekolah dan psikologi anak klinis dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengevaluasi siswa K-12 dan menulis laporan penilaian psikoedukasi yang efektif. Laporan-laporan ini sebagian besar dilakukan oleh psikolog di lingkungan sekolah dan merupakan bentuk evaluasi psikologis anak yang paling umum. Tujuan dan Signifikansi; Buku ini mengisi kesenjangan yang signifikan dalam literatur dengan menyediakan teks pelatihan terfokus pada penilaian psikoedukasi dan penulisan laporan. Sumber daya yang ada seringkali terlalu luas, mencakup penilaian klinis, psikoedukasi, dewasa, dan prasekolah tanpa pendalaman yang memadai pada bidang tertentu. Buku ini secara khusus menjawab kebutuhan psikolog di sekolah yang menangani klasifikasi pendidikan khusus IDEA/negara seperti ketidakmampuan belajar, gangguan emosi, autisme, disabilitas intelektual, dan gangguan kesehatan lainnya. Pendekatan Unik; Tidak seperti buku lainnya, buku ini menyajikan pendekatan penilaian dan penulisan laporan yang dapat dengan mudah diadopsi oleh pelatih psikologi anak di sekolah dan klinis, dipahami oleh para profesional dan orang tua, dan dimanfaatkan secara efektif oleh tim Program Pendidikan Individual (IEP). Buku ini menawarkan panduan khusus mengenai praktik penilaian psikoedukasi dan penulisan laporan untuk anak usia sekolah, menjadikannya sumber berharga bagi instruktur, mahasiswa pascasarjana, dan psikolog karir awal. Struktur dan Isi; Buku ini dibagi menjadi empat bagian: 1. Gambaran Umum: Memberikan pengenalan proses penilaian psikoedukasi dan penulisan laporan. 2. Pedoman Penulisan Laporan Secara Detail: Setiap bab pada bagian ini membahas komponen utama laporan, seperti: o Alasan Rujukan o Metode Penilaian dan Sumber Data o Hasil Penilaian o Konseptualisasi dan Klasifikasi o Ringkasan dan Rekomendasi 3. Panduan Klasifikasi IDEA: Menawarkan wawasan tentang evaluasi psikoedukasi kategori klasifikasi IDEA utama (misalnya, LD, DE, autisme, OHI, dan disabilitas intelektual) dan menyertakan contoh laporan dalam lampiran di akhir setiap bab. 4. Masalah Hukum, Etika, dan Profesional: Membahas berbagai topik, termasuk panduan praktis dalam proses pelaporan lisan. Tujuan; Buku ini bertujuan untuk mencapai tujuan berikut: 1. Sumber Daya Komprehensif: Berfungsi sebagai sumber praktis bagi instruktur dan mahasiswa pascasarjana dalam melakukan penilaian psikoedukasi komprehensif, menulis laporan, dan memberikan umpan balik kepada orang tua. 2. Panduan Pengumpulan Data: Memberikan panduan khusus dalam pengumpulan informasi melalui wawancara, formulir penilaian, observasi kelas, dan kuesioner riwayat perkembangan. 3. Pembahasan Detail Komponen Laporan: Memberikan pembahasan bagian demi bagian setiap komponen laporan, termasuk identifikasi informasi, alasan rujukan, metode penilaian dan sumber data, hasil penilaian, konseptualisasi dan klasifikasi, serta ringkasan dan rekomendasi. 4. Pendekatan Umpan Balik Terstruktur: Menawarkan pendekatan terstruktur untuk memberikan umpan balik kepada orang tua, pengasuh, dan guru. 5. Pertimbangan Etis dan Hukum: Membahas pertimbangan etis, praktis, hukum, dan empiris dalam penilaian psikoedukasi, penulisan laporan, dan pelaporan lisan. Pengecualian; Teks ini mengasumsikan bahwa siswa sudah memiliki pemahaman yang memadai tentang bahasa Inggris tertulis standar dan tidak akan membahas prinsip-prinsip dasar menulis. Ini juga tidak termasuk topik seperti penilaian perilaku fungsional (FBA), penilaian kecerdasan anak, penilaian neuropsikologis, kejuruan, atau forensik. Fokusnya terbatas pada penilaian psikoedukasi anak-anak dari taman kanak-kanak hingga kelas 12. Kejadian Kitab; Buku ini berawal dari kebutuhan penulis akan teks pengajaran bagi mahasiswa pascasarjana di sekolah dan psikologi anak klinis tentang penilaian psikoedukasi dan penulisan laporan. Sumber daya yang ada tidak memenuhi persyaratan khusus untuk pelatihan di bidang ini, sehingga mendorong pembuatan teks yang memberikan contoh nyata dan kerangka penulisan laporan yang digambarkan dengan jelas. Penulis berharap buku ini dapat meningkatkan pemahaman pembaca mengenai asesmen psikoedukasi, penulisan laporan, dan pelaporan lisan.
No copy data
No other version available