Text
Psychometric Framework for Modeling Parental Involvement and Reading Literacy
Misi Asosiasi Internasional untuk Evaluasi Prestasi Pendidikan (IEA) adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang sistem pendidikan di seluruh dunia dan menyediakan data berkualitas tinggi yang akan mendukung reformasi pendidikan dan menghasilkan pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik di sekolah. Untuk mencapai tujuan ini, lembaga ini melakukan dan melaporkan studi-studi besar mengenai pencapaian siswa dalam bidang literasi, matematika, sains, kewarganegaraan, dan literasi digital. Kajian-kajian tersebut, terutama Tren Kajian Matematika dan Sains Internasional (TIMSS), Kajian Kemajuan dalam Kajian Membaca dan Literasi Internasional (PIRLS), dan Kajian Pendidikan Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan Internasional (ICCS), sudah mapan dan telah menetapkan tolok ukur untuk studi internasional. studi banding di bidang pendidikan. Penelitian-penelitian tersebut telah menghasilkan kumpulan data yang luas yang mencakup prestasi siswa, yang dipilah dalam berbagai cara, serta banyak informasi kontekstual yang memiliki kekuatan penjelasan yang cukup besar. Banyaknya laporan yang dihasilkan dari mereka merupakan kontribusi berharga bagi korpus penelitian pendidikan. Meskipun laporan-laporan rinci ini sangat berharga, tujuan IEA untuk mendukung reformasi pendidikan memerlukan sesuatu yang lebih: pemahaman mendalam tentang sistem pendidikan dan banyak faktor yang mempengaruhi pembelajaran siswa memerlukan analisis mendalam terhadap kumpulan data global. IEA telah lama memperjuangkan analisis tersebut, dan memfasilitasi para peneliti dan pembuat kebijakan dalam melakukan analisis sekunder terhadap kumpulan data kami. Jadi kami menyediakan perangkat lunak seperti International Database Analyzer untuk mendorong analisis kumpulan data kami, mendukung berbagai publikasi termasuk jurnal peer-review— Large-scale Assessment in Education—yang didedikasikan untuk ilmu penilaian skala besar dan menerbitkan artikel yang mengacu pada ilmu penilaian skala besar. database penilaian berskala besar, dan menyelenggarakan konferensi penelitian internasional dua tahunan untuk memupuk pertukaran antar peneliti yang bekerja dengan data IEA. Rangkaian laporan tematik baru ini mewakili upaya lebih lanjut IEA untuk memanfaatkan kumpulan data unik kami, sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembuat kebijakan dan peneliti. Setiap laporan akan berfokus pada topik tertentu dan akan diproduksi oleh tim yang terdiri dari para pakar terkemuka yang berdedikasi pada tema tersebut. Tim dipilih berdasarkan panggilan tender terbuka. Tujuannya adalah untuk melakukan dua panggilan seperti itu dalam setahun. Tender harus melalui proses peninjauan menyeluruh, begitu pula laporan yang dihasilkan. (Rincian lengkap tersedia di situs web IEA.) Laporan pertama ini didasarkan pada analisis sekunder data Kemajuan Studi Literasi Membaca Internasional (PIRLS), dan bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang pengaruh dukungan rumah untuk pembelajaran terhadap prestasi siswa. Dilakukan oleh para peneliti di University of Twente, Kerangka Psikometri untuk Memodelkan Keterlibatan Orang Tua dan Literasi Membaca merupakan tambahan yang berharga bagi penelitian yang sedang berkembang mengenai dampak keterlibatan orang tua dalam pendidikan, mengeksplorasi hubungan antara aspek keterlibatan orang tua dan literasi membaca siswa di seluruh dunia. negara, dengan tetap mempertimbangkan perbedaan budaya. Laporan ini harus memberikan kontribusi yang signifikan pada bidang yang jarang melakukan perbandingan lintas budaya dari perspektif triangulasi. Laporan tematik yang akan datang akan berfokus pada peran guru dan pengajar dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa, dan pada persepsi mengenai keamanan sekolah dan lingkungan sekolah untuk pembelajaran serta dampaknya terhadap pembelajaran siswa.
Kirim masukan
No copy data
No other version available