Text
Robert Rauschenberg
Esai kritis tentang seniman Robert Rauschenberg, yang berfokus pada periode penting perkembangannya pada tahun 1950-an dan 1960-an. Sejak sejarawan seni Leo Steinberg memperjuangkan karyanya dalam menentang formalisme kaku Clement Greenberg, Robert Rauschenberg telah memainkan peran penting dalam pengembangan dan pemahaman seni postmodern. Menentang hampir semua asumsi yang berlaku tentang seni visual pada masanya, ia memelopori kebangkitan kolase, fotografi, sablon, teknologi, dan pertunjukan pascaperang. Buku ini berfokus pada karya Rauschenberg selama periode kritis tahun 1950-an dan 1960-an. Buku ini dibuka dengan versi pengantar baru dari "Reflections on the State of Criticism" karya Leo Steinberg, versi pertama yang diterbitkan dari esainya yang terkenal tahun 1972, "Other Criteria," yang tetap menjadi satu-satunya teks terpenting tentang Rauschenberg. "Rauschenberg and the Materialized Image" karya Rosalind Krauss dibangun berdasarkan esai Steinberg, yang menyatakan bahwa karya Rauschenberg merupakan pergeseran yang menentukan dalam seni kontemporer. "On the Museum's Ruins" karya Douglas Crimp meneliti sablon Rauschenberg dalam konteks museum modern. "Before Bed" karya Helen Molesworth menggunakan struktur psikoanalitik dan ekonomi untuk meneliti Lukisan Hitam karya seniman tersebut pada awal tahun 1950-an. Esai kedua karya Krauss, "Perpetual Inventory," meninjau kembali artikel-artikelnya dan Steinberg dari hampir dua puluh lima tahun sebelumnya. Terakhir, "A Duplication Containing Duplications" karya Branden Joseph memandang sablon Rauschenberg dalam kaitannya dengan minat seniman tersebut pada teknologi, khususnya televisi.
No copy data
No other version available