Text
Profiling Machines; Mapping the Personal Information Economy
Perspektif studi budaya dan media tentang teknologi pembuatan profil konsumen elektronik. Dalam buku ini Greg Elmer membawa perspektif studi budaya dan media ke subjek pembuatan profil konsumen dan teknologi umpan balik dalam ekonomi digital. Ia meneliti banyaknya proses yang memantau konsumen dan secara otomatis mengumpulkan, menyimpan, dan merujuk silang informasi pribadi. Ketika kita membeli buku di Amazon.com atau kayak dari L.L. Bean, transaksi kita dicatat, disimpan, dan digunakan untuk memperkirakan perilaku kita di masa mendatang--dengan demikian kita mungkin menerima permintaan untuk membeli buku lain dari penulis yang sama atau peralatan kayak terbaru. Elmer memetakan proses ini, menjelaskan teknologi yang memungkinkannya dan meneliti implikasi sosial dan politiknya. Elmer memulai dengan menetapkan kerangka kerja teoritis untuk pembahasannya, mengusulkan "pendekatan diagramatik" yang mengacu pada tetapi mempertanyakan teori pengawasan Foucault. Di bagian kedua buku ini, ia menyajikan latar belakang historis teknologi pembuatan profil konsumen, termasuk alat-alat pra-elektronik seperti sensus dan kartu garansi, dan menjelaskan perangkat lunak dan teknologi yang digunakan saat ini untuk pemetaan demografi. Di bagian ketiga, ia membahas dua studi kasus--acara pemasaran yang disponsori oleh Molson yang diadakan di Kutub Utara Kanada (membandingkan peserta dan penduduk asli) dan penggunaan "cookie" untuk mengumpulkan informasi pribadi di World Wide Web, yang (bersama dengan teknologi serupa lainnya) mengotomatiskan proses pengumpulan informasi dan referensi silang. Elmer menyimpulkan dengan mempertimbangkan politik pembuatan profil, dengan menyatakan bahwa kita harus mulai mempertanyakan rutinitas elektronik kita sehari-hari.
No copy data
No other version available