Text
Gender equality and nation branding in the Nordic region
Buku ini mengeksplorasi bagaimana kesetaraan gender, bagian utama dari imajinasi Nordik, digunakan dalam komunikasi politik negara-negara Nordik. Analisis yang disajikan bergerak melampaui citra dan wacana konvensional tentang keramahan gender dan perempuan Nordik dengan menyelidiki secara kritis bagaimana dan sejauh mana kesetaraan gender melayani pencitraan bangsa di wilayah Nordik. Pencitraan bangsa merupakan bagian tak terelakkan dari globalisasi, yang merupakan proses berorientasi pasar yang didominasi oleh Barat dan didasarkan pada penciptaan pemenang dan pecundang. Oleh karena itu, upaya untuk memperkuat citra atau reputasi nasional negara-negara Nordik tertentu dengan bantuan kesetaraan gender sebagai nilai politik dan simbolis mau tidak mau membantu memperkuat hierarki global yang telah mapan di mana negara-negara Nordik memainkan peran sebagai negara adikuasa moral. Buku ini terdiri dari para sarjana dari berbagai bidang spesialisasi, dan memberikan bukti dan pemahaman tentang interaksi yang berkembang antara kebijakan kesetaraan gender dan pencitraan bangsa di kelima negara Nordik. Buku ini melakukannya dengan mengeksplorasi berbagai bidang kebijakan dan isu termasuk hak-hak perempuan, kebijakan luar negeri, pemerkosaan dan perundang-undangan, kuota perempuan dan kebijakan bisnis, selain industri indeks. Meningkatnya indeks global telah menghasilkan citra yang kuat tentang negara-negara Nordik sebagai pelopor kesetaraan gender, yang memang membantu negara-negara Nordik untuk lebih memposisikan diri mereka sebagai ‘yang terbaik dalam hal kebaikan’. Buku ini akan sangat menarik bagi para mahasiswa dan akademisi tentang kesetaraan gender Nordik dalam ilmu politik, sosiologi, hukum, kriminologi, psikologi politik, dan sejarah, serta mereka yang tertarik pada nation branding, studi Nordik, dan keistimewaan.
No copy data
No other version available