Text
Music and Knowledge: A Performer's Perspective
Buku ini menggambarkan perolehan pengetahuan dalam praktik peran seorang musisi, dan bagaimana hal ini dapat berkontribusi pada pengembangan Penelitian Artistik. Menggunakan pemahaman yang luas tentang 'pengetahuan', bagian pertama buku ini menyajikan aspek-aspek pengetahuan praktisi yang dikembangkan seorang musisi melalui latihan harian dan penampilan. Keterampilan teknis dan praktis, kreativitas, dan membaca musik adalah topik-topik sentral. Bagian II menggambarkan empat metodologi berbeda tentang akumulasi pengetahuan. Pertama adalah metode hipotetiko-deduktif (musik sebagai objek). Kemudian penulis bertanya, “Dimana karya musiknya?”. Setelah pengantar tentang semiotika, pertanyaan yang harus diikuti adalah “Apakah musik sebuah bahasa?”. Mengikuti metodologi yang berfokus pada topik intersubjektif dan kontekstual, presentasi hermeneutika menghasilkan pertanyaan “Apa yang terjadi pada musik saat Anda mendengarkannya?”. Menjadi yang paling subjektif, fenomenologi adalah metodologi terakhir yang dipresentasikan. Pertanyaan yang diajukan adalah “Apakah analisis dan interpretasi dua sisi dari koin yang sama?”. Penelitian artistik adalah perspektif baru dalam perolehan pengetahuan, dan seniman pertunjukan adalah titik fokusnya. Wawasan yang jelas tentang posisi musik di luar notasi elaborasi menjadi kritik terhadap teori representasional sebagai diskursus ontologis yang relevan dalam musik. Sebagai alternatif, potensi dalam teori makna yang terwujud didiskusikan melalui pendekatan kognitif, linguistik, dan artistik. Ekspresi artistik menyampaikan pengetahuan praktisi subjektif berdasarkan perbedaan antara tanda objektif dan ekspresi intersubjektif. Hal ini menjadikan musik sebagai komunikasi topik utama. Sebagai kesimpulan, pemahaman terhadap konstruksi makna dan kondisi konten artistik keduanya penting dalam penelitian artistik.
No copy data
No other version available